Kamis, 10 Mei 2012

USWAH


Ketika
Cara Berdagang Nabi
Diintai


          Sebelum Muhammad saw. Menerima gelar kenabian, beliau diberi amanah oleh pamannya, Abu Thalib, untuk berniaga. Beliau belum mempunyai pekerjaan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
          Sehingga, beliau ikut Abu Thalib pergi ke negri syam untuk berniaga. Karena terjadi hal yang mencemaskan terhadap  pamannya  tersebut, akhirnya beliau pun pergi berniagatanpa  pamannya. Muhammad saw. Menjualkan barang dagangan khadijah, pedagang besar di kota  mekah.
          “hai anak saudaraku, sebagaimana telah kamu ketahui bahwa pamanmu ini sudah tidak mempunyai kekayaan lagi, padahal keadaan sudah sangat mendesak, maka apakah tidak baik kalau kamu mulai berniaga dari sedikit ke sedikit yang hasilnya dapat kamu perguunakan untuk kepentinganmu sehari-hari?” tanya Abu Thalib kepada Nabi Muhammad saw.
          Jawab Nabi saw.,”Saya menurut saja apa yang menjadi keinginan paman.”
          Kemudian Abu Thalib mengajukan permohonan untuk Nabi saw., Khadijah pun menerima dengan gembira. Akhirnya Nabi saw. Pergi ke rumah khadijah mengambil barang dagangan yang akan dibawa ke negri syam.
          Perjalanan ke negri syam pun di mulai. Saat itu beliau sama sekali tidak tahu jika sedang diintai oleh maisarah. Ia diperintahkan khadijah untuk mengamati tiingkah laku dan perbuatan-perbuatan beliau selama perjalanan pulang ke negeri syam. Khususnya tentang cara-cara beliau selalu menjual barang dagangan itu. Dalam perjalanan beliau selalu diikuti dan diawasi benar-benar oleh maisarah.
          Di sepanjang jalan mulai dari mekah sampai syam, sikap dan gerak-gerik pribadi Nabi saw. Sangat berbeda dengan orang lain. Seperti saat berhenti di sebuah tempat peristirahatan. Di tempat pemberhentian itu beliau tidak suka ikut mengerjakan apa yang dikerjakan oleh teman seperjalanan lain. Beliau tidak suka berkumpul dan beramai-ramai di tempat pemberhentian itu, sebagaimana adat kebiasaan yang telah berlaku di kalangan orang yang mengikuti kafilahnya. Sedikitpun beliau tidak mau mengikuti kelakuan kawan-kawannya, beliau hanya diam menyendiri di tempat yang terpencil.
          Tibalah waktunya menjual barang perniagaannya di kota itu. beliau menjual barang perniagaan khadijah bersama-sama maisarah. terlihat jelas perbedaan gayanya berdagang beliau dengan orang lain. caranya menjual dagangan itu tidaklah seperti kebanyakan orang.
          Sebab beliau tidak suka mengikuti cara-cara yang telah biasa dilakukan oleh orang banyak. Cara beliau berdagang adalah berapa harga pokok dari Khadijah beliau sebutkan dengan sebenarnya kepada pembeli. Soal keuntungan bagi beliau, itu terserah pada pembeli. Oleh sebab itu, para saudagar di negeri syam senang sekali membeli barang  dagangan beliau. Karena mereka merasa tidak akan tertipu dalam perkara harga yang akan dibelinya.
          Untuk keuntungan beliau, para pembelinya telah mengira-ngira sendiri dan memberi dengan cukup, sekedar untuk menutup biaya perjalanan antara mekah dan syam pulang pergi.
          Maisarah melihat tindakan beliau dalam menjual barang dagangan semacam itu. Dia  sampai tercengang dan heran, tetapi tidak berani berkata sepatah kata pun. Sayangnya, cara beliau menjual barang dagangan semacamitu tidak disukai oleh kawan-kawan beliau dari mekah yang sama-sama menjual barang perniagaan khadijah. Mereka merasa tidak mendapat keuntungan yang luar biasa.
          Sesungguhpun demikian, beliau tetap menjalankan cara seperti itu dan dagangan beliau telah habis terjual dalam waktu sebentar, dengan keuntungan yang tidak sedikit juga.
          Maisarah sangat gembira karena melihat keuntungan yang diperoleh Nabi saw, hal tersebut yang akan disampaikan kepada majikannya nanti, yaitu Khadijah.


sumber : majalah Al Falah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar